Penulis Edisi 243

Syam AR, tukang kebun, pegiat sastra dan sekaligus penikmat sastra

Aminatul Faizah, lahir di Gresik, 31 desember 1989 dan memegang motto: jadikan apa yang tak sempurna melebihi kesempurnaan itu sendiri karena kesempurnaan sejati yang mutlak milik Tuhan dan di dunia kesempurnaan adalah relatif. Novel pertamanya, Teheran Dalam Stoples diterbitkan oleh Diva Press.

Simon Carmiggelt lahir di Den Haag tahun 1913. Bagi mereka yang ingin mengetahui keadaan dan kehidupan di Belanda pada masa kehidupannya akan mendapat informasi yang paling tepat lewat tulisan-tulisan Carmiggelt. Ia menulis setiap hari dalam surat kabar Het Parool dengan nama samaran Kronkel. Dalam kolom tersebut dilukiskannya apa yang dilihatnya sambil santai di kota Amsterdam dan sekitarnya. Ia menggambarkan lewat kata-kata bagaimana orang berjalan, bersalaman, saling memandang, apa yang dpercakapkan, bagaimana mereka bercumbuan atau sebalikya bagaimana mereka berkelahi. Pendeknya segala yang terjadi dalam kehidupan manusia dilukiskannya kembali lewat tulisan-tulisannya yang pendek secara santai.

Asrul Sani memulai pendidikan formalnya di Holland Inlandsche School (sekolah dasar bentukan pemerintah kolonial Belanda) di Bukit Tinggi pada 1936. Lalu ia melanjutkan ke Sekolah Kedokteran Hewan, Bogor. Akan tetapi minatnya akan Sastra sempat mengalihkan perhatiannya dari kuliah kedokteran hewan sehingga Asrul pindah ke Fakultas Sastra UI dan, dengan beasiswa Lembaga Kebudayaan Indonesi- Belanda, mengikuti pertukaran ke Akademi Seni Drama, Amsterdam pada 1952 walaupun akhirnya kembali melanjutkan kuliah kedokteran hewan hingga memperoleh gelar dokter hewan tahun 1955. Pada masa kuliah itu juga Asrul sempat mengikuti seminar kebudayaan di Harvard University pada 1954. Setelah tamat kedokteran hewan, Asrul kembali mengejar hasratnya akan seni sastra dengan melanjutkan kuliah dramaturgi dan sinematografi di South California University, Los Angeles, Amerika Serikat (1956) dan kemudian membantu Sticusa di Amsterdam (1957-1958).

________________________