Kenangan Pribadi Dengan Mas Arief Budiman 3

Bela Kusumah Kasim Tahun 2001, dunia dikejutkan oleh peristiwa 9/11, yang merubuhkan Twin Tower di kota Metropolitan New York. Peristiwa mengerikan tanggal 11 September itu disaksikan milyaran manusia melalui layar televisi. Beberapa Minggu ke depan peristiwa itu.

MORE
Kenangan Pribadi Dengan Mas Arief Budiman 2

Bela Kusumah Kasim Harian the Age pada bulan April memuat sebuah berita yang meliput kunjungan Menteri Pendidikan Phil Honeywood ke Jakarta. Di bawah headline ditulis “Australia’s Universities Becomes Safe Heaven for Indonesia’s Dissident”, Australia menjadi tempat ‘Safe.

MORE
Surat Kepada H.B. Jassin 1

Surat Kepada H.B. Jassin 1Chairil Anwar Jassin,Tadi datang. Rumah kosong. Ada menunggu kira-kira sejam. Sementara itu tentu ta’ dapat melepaskan tangan dari lemari buku. Kubawa1. H.R. Holst, De nieuwe Getroste2. H.R. Holst, Keur uit de Gedichten3. Huizinga,.

MORE
Chairil Anwar

“Aku mau hidup seribu tahun lagi”, tulis Chairil Anwar dalam sajak “Aku” atau ”Semangat” pada tahun 1943, ketika ia berumur 20 tahun. Enam tahun kemudian ia meninggal dunia, dimakamkan di Karet, yang disebutnya sebagai “daerahku y.a.d.” dalam.

MORE
Chairil Anwar Kita

Jassin,Yang kuserahkan padamu -yang kunamakan sajak-sajak!- itu hanya percobaan kiasan-kiasan baru.Bukan hasil sebenarnya! Masih beberapa “tingkat percobaan” mesti dilalui duku, baru terhasilkan sajak-sajak sebenarnya.***

MORE
Surat Kepada HB Jassin 5

Surat Kepada HB Jassin 5Chairil Anwar (Kartu pos 11 Maret 1944)d/a R.M. DjojosepoetroParon pagi Jassin,Kubaca sajak-sajakku semua. Kesal aku, sekesalnya…., jiwaku tiap menit bertukar warna,sehingga tak tahu aku apa aku sebenarnya… sore Terasa kesanggupanku untuk menulis studi-studi.

MORE
Surat Kepada HB Jassin 4

Surat Kepada HB Jassin 4Chairil Anwar (Kartu pos 10 Maret 1944)d/a R.M. DjojosepoetroParon Jassin,Begini keadaan jiwaku sekarang, untuk menulis sajak keperwiraan seperti ‘Diponegoro’ tidak lagi. Menurut oom-ku sajak itupun tidak baik!Lagipula dengan kritik yang agak tajam sedikit,.

MORE
Surat Kepada HB Jassin 3

Surat Kepada HB Jassin 3Chairil Anwar (Kartu pos 8 Maret 1944)d/a R.M. DjojosepoetroParonJawa Timur Jassin,Tidak Jassin aku tidak akan kembali ke prosa seperti dalam pidato di depan ‘Angkatan Baru’ dulu! Prosa seperti itu sebenarnya membubung, mengawang tinggi.

MORE
Kisanak Ging, Yang Ku (dan Banyak Orang ) Kenang

Malam pada hari  Ging Ginanjar wafat, ada media online yang meminta saya untuk menulis obituari. Mereka tahu saya pernah bekerja sekantor dengan Ging namun juga sudah berteman lama sebelum jadi rekan kerja. Ingin saya iyakan, namun yakin.

MORE
Surat Kepada H.B. Jassin 2

Surat Kepada H.B. Jassin 2Chairil Anwar (Kartu pos 8 Maret 1944)d/a R.M. DjojosepoetroParonJawa Timur Jassin,Dalam kalangan kita sipat setengah-setengah bersimaharajalela benar. Kau tentu tahu ini. Aku memasuki kesenian dengan sepenuh hati. Tapi hingga kinilahi aku hanya bisa.

MORE
Ibuku Dalam Kenangan

Seorang Ibu adalah nyawa bagi sebuah rumah. Pernahkah kalian merasa hati kosong saat pulang dan mendapati Ibu sedang tak berada di rumah? Aura rumah menjadi berbeda, perasaan bahwa ada sesuatu yang tak ada membuat suasana rumah tidak.

MORE
Surat Kepada H.B. Jassin 1

Surat Kepada H.B. Jassin 1Chairil Anwar Jassin,Tadi datang. Rumah kosong. Ada menunggu kira-kira sejam. Sementara itu tentu ta’ dapat melepaskan tangan dari lemari buku. Kubawa1. H.R. Holst, De nieuwe Getroste2. H.R. Holst, Keur uit de Gedichten3. Huizinga,.

MORE
Dari Ibu Aku Belajar Mencintai

Woro Wahyuningtyas Namanya Endang Sumarni, cukup modern di jamannya. Nama yang indah, tentunya. Lahir pada tahun 1947, dua tahun setelah proklamasi kemerdekaan RI. Dialah ibuku, orang yang sampai hari ini sering berdebat denganku. Tetapi jauh di lubuk.

MORE
Ibuku Perempuan Perkasa

Hari masih pagi, keramaian jalanan di ibu kota memaksa aku harus konsentrasi, Rabu 8 September 2004.  Aku sedang mengenderai sepeda motor, dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja. Persis di depan kantor Dewan Pimpinan Daerah  Partai Golkar.

MORE
Kasih Mamak Sama Panjangnya

Mengenang Gerda Riana Gultom : Makassar 6 Februari 1932 – Medan 19 Mei 2018Liston P Siregar Aku –di kalangan keluarga dekat- sering disebut anak kesayangan Bapak-Mamak. Kalau tante-tante atau adik Mamak –dia nomor dua tapi perempuan tertua.

MORE
Saya Sie Yoe Lien, Dan Ini Bukan Fitnah

Saya lahir di Jakarta di bulan April 1966. Orang tua saya, Sie Hian Liat dan Nyo Tjie Sioe, meminta kakek saya, Sie Hiem Tjiat, untuk memberi nama kepada saya, karena kedua orang tua saya tidak fasih berbahasa.

MORE
Saya ‘Rajanya’ Arsenal 2

Liston P Siregar Karena terlalu bersemangat, saya tiba terlalu cepat di satu pagi akhir Februari di pintu masuk tur Stadion Arsenal. Masih ada sekitar 40 menit. Meja penerima tamu agak ramai karena ada tur perorangan dengan mesin.

MORE
Saya, ‘Rajanya’ Arsenal

Akhirnya terpakai juga hadiah dari teman dekat saya untuk tur ke Stadion Emirates. Sudah hampir setahun kupon itu terpajang di meja dekat sound system supaya selalu terlihat tapi selalu tertunda untuk memastikan tempat untuk tur. Tur itu.

MORE
Saya Jurnalis, Bukan Pencari Iklan

Syamsul Huda M. Suhari Menjadi jurnalis  adalah impian terbesar dalam hidup saya. Tak peduli apa kata orang-orang sekitar yang  masih memandang profesi ini sebelah mata. Ada kerabat yang bilang, kalau wartawan itu bukan pekerjaan yang baik, rentan.

MORE
Oh RPM, I feel good

Ani Mulyani Setelah sekian lama bergelut dengan olahraga sepeda dalam ruang (indoor cycling) -istilah kerennya RPM- dan mulai menderita ketergantungan atasnya, tiba-tiba muncul pertanyaan kenapa sepeda ‘buntung’ satu warna tanpa asesoris warna warni itu bisa menjadi bagian.

MORE
Menelusuri Pangkal Jazz, ELP, dan Yes 2

Liston P Siregar*ditulis untuk Alun Keterjerumusan ke dalam musik jazz itu sebenarnya berlangsung rada simultan dengan pengenalan saya terhadap yang disebut sebagai classic rock atau progressive rock. Jelas classic rock datangnya setelah jazz namun kemudian berjalan bersama..

MORE
Menelusuri Pangkal Jazz, ELP, dan Yes 1

Liston P Siregar*ditulis untuk Alun Terus terang ada sedikit rasa malu untuk mengakui pemusik yang mengantarkan keterikatan dengan musik. Waktu persisnya sudah rada lupa, tapi kemungkinan besar di tahun-tahun pertama SMP. Soalnya di SD rasanya belum cukup.

MORE
Aku, Dingis, dan Sawah

Limantina Sihaloho Saya baru pulang dari jalan-jalan pagi dari sawah dengan adikku, si Dingis Phea Phea. Saya telah mengadopsi anjingku yang baik hati menjadi adikku. Kalau saya ke luar rumah, dia tahu saya akan ke mana dari.

MORE
Ketika Hampir Mati, Aku

Eliakim Sitorus Bagaimana rasanya menjelang ajal? Betulkah ada proses yang sangat rumit meninggalkan kehidupan menuju ke kematian? Bagaimana meyakinkan diri bahwa di balik kematian fisik, memang menanti kehidupan yang lain? Pertanyaan-pertanyaan yang dulu amat sering dulu saya.

MORE
Bapak Suka Ngobrol

Eliakim Sitorus Saya tidak tahu, apakah orang tua lain yang sudah lanjut usia, seperti bapak saya, semunya suka ngobrol. Di rumah dia paling suka dengan saya, karena menggunakan bahasa Batak. Inilah kekurangan saya: tidak berhasil mengajarkan bahasa.

MORE
31 tahun bersama Ibu

Ani Mulyani Apa yang membuat seorang wanita tidak menikah lagi selama 31 tahun dan mengabdikan seluruh hidupnya untuk kerja berat mengurus anaknya? Aku bisa langsung menjawabnya: ketulusan hati dan pengabdian. Dia adalah ibuku, makanya aku tahu jawabannya.

MORE
Bumi Sekarat

Presiden Hayat Terkapar dia. Dan kita yang telah menikamnya berulang-ulang. Idiotnya, meski kita telah menyayat-nyayatnya, menaburi lukanya dengan garam sambil nyanyi Genjer-Genjer, kita tidak nggak merasa telah membuatnya koma. Entah berapa bencana lagi dibutuhkan untuk menyadarkan kita..

MORE
Bapak Sedih Hari Ini

Eliakim Sitorus Ketika saya dan bapak sedang jalan pagi, ada pesan singkat dari adik saya. Isinya, mengabarkan bahwa dia dapat telpon dari rekannya: “Ompu* Parsaoran boru** Manurung meninggal dunia”. Ompu Parsaoran adalah teman sekampung bapak saya di.

MORE
Jiancukkk!

Presiden Hayat Tergopoh-gopoh aku menuju meja check in. Alamak! Kampret! Antriannya panjang banget; sepanjang jalan Daan Mogot. Abracadabra, libur lebaran menyulap bandar jadi pasar malam Beruntung antrian hanya di deretan kasta ekonomi. Sedangkan yang tercetak di tiketku.

MORE
Lebaran…di dalam bis

Ani Mulyani “Bukkk,…”kepalaku terkena kipasan ransel seorang pria yang berdiri di depanku dan tidak ada kata maaf yang terucap dari bibirnya. Aku menggerutu dalam hati; ‘inilah resiko di dalam bis antar kota yang sesak penumpang.’ Kuhabiskan malam.

MORE
Dunia, Ria Cuma Mau Jadi Guru TK

Bunga Rumput Liar1 Juli 1977 – 5 Desember 2008 Dulu, semasa balita, Ria pernah punya banyak cita-cita gila: menjadi pramugari, pemain sepak bola sekaligus supir truk sampah. Ha ha! Kanak-kanak memang begitu. Mereka akan menyimak kehidupan sehari-hari.

MORE
Warung Mie

Presiden Hayat Salah satu jam dinding di rumah makan ini menggoda perhatianku. Tidak seperti satunya yang menjengkelkan (mbelgedes; bergambar logo trondolo salah satu operator telepon), jam dinding imut ini bergambar sayur-sayuran. Ada wortel, sawi, kol, dan entah.

MORE
Peradaban Setengah Kota di Prabumulih

BuRuli Percayalah. Kalau malam ini saya mengalami susah tidur, itu bukanlah karena house music remix yang sedang berdentam di sebelah rumah rumah emak kami di kawasan Prabusari, kota Prabumulih, Sumatera Selatan. Tapi karena kegelisahan. Sebuah kegelisahan besar.

MORE
Ketika Syukur datang dari Sebuah Pub

Presiden Hayat Penyanyi cantik berbaju minimalis itu mendatangi meja kami begitu istirahat dimulai. “Nyanyi lagi ya bang nanti. Tapi samaku.”  Aku hanya menggeleng. Teman yang duduk disebelahku beranjak dari kursinya, menawarkan segelas long island, dan mem-fait accomply.

MORE
Krupuk dan Pemerintah

Presiden Hayat Most people are about as happy as they make their minds to be – Abraham Lincoln Belum terlalu sore, tapi hujan sudah mengurung kampung kami. Lampu-lampu tempel tak kuasa mengusir dingin. TV hitam putih menggeriap,.

MORE
Keep It Simple Stupid Kiss

Presiden Hayat “Boleh tahan nih Pak Hayat, jam nya kuning“ ledek kolegaku selesai meeting di kantornya di Kalimantan. Tangan kiriku dipegangnya dan cekikikan melihat jam plastik Levis LTB 1302. Mata keranjangku juga disuguhi Rolex GMT 1675 yang.

MORE
Dia

Ani Mulyani If you love someone more than anything, then distance only matters to the mind, not to the heart……(Anonymous) Kulayangkan pandangan sesaat dari jendela pesawat ke laut lepas di Selat Makassar. Ssungguh indah, diantara kilang-kilang minyak.

MORE
Kawin Tidak Kawin

Presiden Hayat I love being married. It’s so great to find one special person you want to annoy for the rest of your life.” Rita Rudner “You pasti disenangi cewek-cewek karena humoris“ tebakku merespon ceritanya, cerita lucu-lucu.

MORE
GPS di Taksi Kuning

Maya Maniez Pernahkan anda membayangkan naik taksi sambil nonton TV atau surfing internet? Taksi kuning di New York segera mewujudkannya, tapi malah mengundang pro dan kontra. Sekitar ratusan bahkan ribuan pengemudi taxi menolak penerapan teknologi yang menurut.

MORE
Duri dan Padi

Presiden Hayat “Happy birthday bro, you will need viagra soon! he..he.he, “ ucapan selamat yang sedikit berbeda menyeruak diantara kerumunan kata-kata “selamat ulang tahun, semoga panjang umur.“ Canda, tawa, senyum, juga sedang berdesak-desakan di meja yang sudah.

MORE
Bajaj Pasti Berlalu

Presiden Hayat Debu dan asap knalpot berhamburan dikacau angin, mengobrak-abrik udara bersih di daerah pinggiran Jakarta siang ini. Dengking klakson keparat bersahutan dengan raungan mesin berbagai kendaraan yang berlalu-lalang. Ada ojek, bajaj, kancil, mikrolet, metromini, bus, taxi.

MORE
Gado-gadoku

Nabiha Shahab Gado-gado terenak di dunia cuma satu: di Jalan Menteng Kecil, Jakarta Pusat. Sejauh ingetan, ya yang namanya gado-gado enak cuma di situ jualnya. Bumbunya medok, manisnya pas, asinnya sedeng. Cuma porsinya banyak banget. Ukuran perut.

MORE
Pengakuan Jenderal Monon; Demi Bintang

Ahmad Taufik ‘’Demi Tuhan, saya tidak pernah merencanakan atau merekayasa musibah itu untuk kepentingan naik pangkat atau jabatan,’’katanya menitikan air mata. Badannya yang tegap seolah luluh oleh air mata yang mengalir dari kelopak yang biasa membelalak. Tangisnya.

MORE
Jogging atau Tidak Langsing

Presiden Hayat Kata orang, di Indonesia hujan sering datang di bulan yang ada huruf R nya. R stands for rain – katanya. Meskipun ada premis seperti itu, subuh pertengahan Maret cuaca cukup cerah. Disudut langit, hanya terlihat.

MORE
Jogging atau Tidak Langsing

Presiden Hayat Kata orang, di Indonesia hujan sering datang di bulan yang ada huruf R nya. R stands for rain – katanya. Meskipun ada premis seperti itu, subuh pertengahan Maret cuaca cukup cerah. Disudut langit, hanya terlihat.

MORE
Sedihnya Bulan Puasa Berakhir

Ningrum Sirait Kurasa aku bukanlah termasuk orang bertipe melankolis. Tapi aku selalu mudah terharu dan hatiku kerap mencair setiap kali orang menjadi baik hati dan manis budi pekertinya. Dalam pengamatan perasaanku, keadaan seperti ini selalu kutemukan khususnya.

MORE
Warung Pojok di Nabire

Farah Rachmat Warung Pojok ini saya kenal lewat Santo, teman sekantor, mungkin setelah sekitar satu bulan berada di Nabire. Dan warung ini menjadi warung andalan kami sekantor, untuk makan siang atau kapan saja sebenarnya. Kadang kami hanya.

MORE
Masyarakat Masa Depan?

Liston P. Siregar Penerbangan Monarch Airlines dari Malaga, Spanyol, ke Manchester, Inggris, Rabu 16 Agustus  sempat tertunda 3 jam. Sebagian penumpang, turis Inggris  berkulit putih yang usai berlibur, keberatan terbang bersama dua orang berkulit sawo matang, berwajah.

MORE
Sketsa Sekitar Saya

Ayu Hermawan Beneran, ada banyak sketsa di sekitar saya yang sering menyisakan pertanyaan di dasar kepala belakangan ini. Ada masalah apa ya dengan dunia  sekitar kita sekarang ini? Paling tidak dalam konteks sekitar saya, lingkungan saya. Bahwa.

MORE
Panga, Teluk Dalam, dan Pundong

Tumpal H.S.S. Panga, adalah satu dari Kecamatan Aceh Jaya, tepat di pesisir Pantai Barat Sumatera. Sedang Teluk Dalam adalah ibukota baru dari Kabupaten Nias Selatan, dan  Pundong terletak di Kabupaten Bantul. Ketiganya adalah kawasan-kawasan yang paling menderita.

MORE
Dear Dina

Titi Supardi Sorry, baru sekarang aku bisa kirim kabar, setelah seminggu lebih sejak insiden 28 April di Dili. Terus terang saja aku nggak tahu harus mulai dari mana harus menceritakan apa yang sebenarnya terjadi di sini, karena.

MORE
Pernahkah Saya ke Magelang?

Syam Asinar Radjam Pernahkah saya ke Magelang? Hampir pukul 8 malam, Jum’at 2 hari menjelang Natal 2005, saya dan Ria –calon istri– tiba di Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta. Kami pun segera memesan taksi untuk meneruskan perjalanan ke.

MORE
Keluarga Pak Guru

Denny Suwarja Ketika aku duduk di beranda, merasakan rasa penat membetulkan pagar belakang rumah, jam menunjukkan sekitar pukul 07.00 pagi. Dena anaku yang bungsu, dengan penuh semangat siap berangkat ke sekolah. Dirambutnya terselip sebuah pita bunga-bunga putih..

MORE
Yani

Lenah Susianty Dia tiba suatu malam di musim panas. Pukul 20.00. Aku sedang membereskan rak buku. Suamiku muncul, “Ada tamu untukmu.”“Tamu? Siapa?” Aku tidak menunggu siapa pun, tidak ada juga yang berjanji akan datang. Aku tidak suka.

MORE
Guru Kebangsaan Harry Roesli

Liston P. Siregar Terbetik berita duka lara tentang negeri kita yang tercintaNegeri tercinta, negeri tercinta, negeri tercinta… Harry Roesli –lahir Bandung 10 September 1951 dan meninggal dunia Jakarta 11 Desember 2004– adalah orang yang paling berhasil mengajarkan.

MORE
Guru Kebangsaan Harry Roesli

Liston P. SiregarTerbetik berita duka lara tentang negeri kita yang tercintaNegeri tercinta, negeri tercinta, negeri tercinta…Harry Roesli –lahir Bandung 10 September 1951 dan meninggal dunia Jakarta 11 Desember 2004– adalah orang yang paling berhasil mengajarkan saya –dan.

MORE
Gelang Karet

Hayat Seingatku, pertama kali aku melihat gelang karet berwarna-warni itu awal tahun 2005. Wayne Rooney dan pemain-pemain di Liga Inggris-lah yang mengenalkannya kepadaku. “Dua gelang warna hitam dan putih yang selalu terkait itu artinya kampanye anti rasisme..

MORE
Lonceng-lonceng Indah

Mula Harahap Lonceng sekolah kami –ketika saya masih bersekolah di SD Immanuel, Jalan Diponegoro, Medan–adalah lonceng yang paling indah di dunia. Saya berani mengatakan demikian, karena saya sudah mengamati begitu banyak sekolah dan begitu banyak lonceng. Ada.

MORE
Dear Dina

Titi Supardi Sudah amat lama aku tak pernah mau percaya pada berita yang ditulis koran-koran di Dili. Aku tak pernah merasa mendapat informasi apa pun dari yang mereka tulis itu. Mungkin juga karena koran-koran nggak dibaca oleh.

MORE
Saripohatji

Farah Rachmat Kata seorang kawan –yang meminjamkan aku bungkusnya untuk kusalin– ia berkenalan dengan Saripohatji sejak kecil. “Yah…sejak SD-lah,” katanya. Kawan, kalian boleh pula berkenalan dengan Saripohatji, ia terbungkus kertas kantong kecil berukuran kira-kira 7,5 x 10.

MORE
Ke Madania

Hendiarto Sebulan lalu, istriku minta ditemenin ke Parung, mengantar bidadariku Arinditya Wrningdhanu test masuk SD (gila nggak tuh, masuk SD pake di test segala?). Bidadari keduaku ini memang cuantik (semoga kalian juga bilang begitu…) dan belakangan ini.

MORE
Yang Mau Berdamai

Eliakim Sitorus Layaklah saya berbangga, atau paling tidak sederhananya, gembira usai Perjalanan ke Sampit kali ini. Tentu ada penyebabnya. Setelah sejak bulan ketiga tahun 2002 saya kerap berkunjung ke Kalimantan Tengah, tepatnya ke Sampit, maka baru kali.

MORE
Srr…tik tik dan Buku Pelajaran Bahasa Indonesia

Mula Harahap Saya rasa, buku “Bahasaku” yang kami pergunakan ketika belajar di SD dahulu, adalah buku teks pelajaran Bahasa Indonesia yang paling hebat di dunia. Saya berani mengatakan demikian, karena setelah empat puluh tahun berlalu, masih banyak.

MORE
Ganyang Malaysia, Kenangan Masa Kecil

Mula Harahap Rame-rame soal ketegangan di perbatasan Indonesia-Malaysia mengingatkan saya akan suasana Ganyang Malaysia di pertengahan tahun 60-an: Politik yang hingar-bingar di tengah situasi ekonomi yang sulit. Saya jadi curiga, apakah semua ini bukan akal-akalan pemerintah? Mencari.

MORE
Mengurai Tingkat Kedukaan

Liston P. Siregar Akhirnya kami bertemu juga di Banda Aceh. Tapi dalam suasana yang amat berbeda dari apa yang kami bayangkan sekitar setahun lalu. Waktu itu dalam sebuah pelatihan, Uzair minta supaya BBC juga menggelar pelatihan wartawan.

MORE
Masih Ingat Greg Dyke?

Liston P. Siregar Nama Greg Dyke melesat ke dunia internasional Kamis 29 Januari 2004, sehari setelah diumumkannya laporan penyelidikan Lord Hutton tentang kematian Dr. David Kelly, ilmuwan Inggris yang bunuh diri karena pertentangan antara BBC dan pemerintah.

MORE
Belajar dan (atau) Bekerja

Dengan terbitnya Keping Kenangan, kumpulan memoar orang biasa, ceritanet punya rencana menerbitkan kumpulan memoar jilid 2. Biasanya, seperti film-film Holywood, jilid ke 2 terkesan dipaksakan. Tapi ceritanet justru bertentangan dengan nafas Holywood, yang berbau selebriti, dan kumpulan.

MORE
Ke Timor Lorosae Aku kembali

Titi Irawati Sabtu pagi itu, 4 September 1999, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Kofi Annan mengumumkan hasil referendum. Embun masih pekat ketika aku bangun. Pagi itu kantor Yayasan HAK, sebuah organisasi hak asasi manusia di Timor Timur.

MORE
Edi, Adikku (2)

Susan Ismianti Setelah melewati serangkaian gejala yang berkepanjangan, adik saya divonis gagal ginjal dan harus menjalani proses cuci darah atau hemodialisis seminggu 2 kali untuk jangka waktu yang tak bisa ditentukan. Ini bukan untuk proses penyembuhan, melainkan.

MORE
Edi, Adikku

Susan Ismianti Sebagai kakak beradik kami tumbuh bersama dalam keluarga sederhana, yang bahkan boleh dikatakan miskin dengan segala keterbatasan fasilitas hidup. Dengan selisih umur enam tahun maka saya lebih banyak berperan ganda sebagai kakak dan pengasuh, karena.

MORE
Pantai Barat dari Rainbow Warrior

Nabiha Shahab Tidak terasa hampir lima minggu sudah sejak pantai barat Aceh dihantam bencana. Cepat sekali rasanya waktu berlalu di kapal. Kami sudah bolak-balik empat kali ke Meulaboh dan empat kali ke Lamno mengantar peralatan sanitasi dan.

MORE
Catatan Di Laut Lepas

Nabiha Shahab Kami berada di perairan mendekati Banda Aceh. Berangkat siang kemarin dari Meulaboh, agak awal, dan mengambil jalan agak ke tengah laut untuk membuat persediaan air bersih lagi. Biasanya kami tidak bisa merapat di Krueng Raya.

MORE
D Seks

Hendri Kremer Pagi itu, tak seperti biasanya aku cepat masuk ke kampus. Sebenarnya, untuk fakultas Ekonomi, jurusan Akuntansi, Universitas Islam Riau, jam kuliah baru mulai pukul 9.00, tapi entah setan apa yang membuatku ingin saja masuk lebih.

MORE
Catatan Tak Selesai

‘Orang Hutan’ Kamarada, Eks FalintilSelma Hayek Delta Comoro, Dili”Aku bunuh delapan orang, tentara Indonesia dan milisi, September 1999, di Kuluhun”, tajam mata Makikit ketika mengatakan sebaris kalimat itu. Sementara tangannya menyorongkan sekaleng serveja Tiger ke mulutnya. Harus.

MORE
Petunjuk Praktis

untuk Memoar Orang Jalanan 1. Tentukan satu peristiwa yang anda alami yang paling berkesan. 2. Ceritakan peristiwa itu berdasarkan kenangan 3. Karena kenangan, tidak usah kuatir kalau tidak terlalu faktual, walau fakta tetap jadi dasarnya. Kata-kata ‘sepertinya,.

MORE
Memoar Orang Jalanan

Memoar sama dengan otobiografi; riwayat hidup, tapi yang satu lebih singkat dan yang satu lagi lebih panjang. Satu hal yang sering dijadikan orang sebagai perbedaannya adalah memoar tidak punya pretensi menjadi hebat, jago, mulia, penting, baik, atau.

MORE
Gadis Kecilku

Selma HayekNathan Road; jalan lurus terpanjang di dunia, itu julukan yang kami berikan. Dua tahun kuhabiskan waktuku untuk menyapa dan menggaulinya. Gemerlap lampu malam menghidupkan Kow Loon yang setia menemani langkahku usai dan berangkat ke kantor di.

MORE
Hutagalung

Tumpal HS SiregarPertama kali aku bertemu dia duabelas tahun lalu. Kami baru saja memasuki rumah kreditan di pinggir kota. Kompleks perumahan kami kemudian jadi pasar yang, menurutku, dipertimbangkannya sangat potensial. Hari-harinya selama tiga bulan dihabiskannya dengan banyak.

MORE
Gadis Kecilku

Selma Hayek Gereja tua dan rumah penampungan Nathan Road; jalan lurus terpanjang di dunia, itu julukan yang kami berikan. Dua tahun kuhabiskan waktuku untuk menyapa dan menggaulinya. Gemerlap lampu malam menghidupkan Kow Loon yang setia menemani langkahku.

MORE
Hutagalung

Tumpal HS Siregar Pertama kali aku bertemu dia duabelas tahun lalu. Kami baru saja memasuki rumah kreditan di pinggir kota. Kompleks perumahan kami kemudian menjadi pasar yang, menurutku, dipertimbangkannya sangat potensial. Hari-harinya selama tiga bulan dihabiskannya dengan.

MORE
ApaYang Dilakukan Franco Padaku

Stuart Christie Foto di atas diambil tanggal 6 Januari 1967, di gedung bundar penjara Carabanchel di Madrid. Aku di sebelah kiri dengan jumper sulaman putih. Bersamaku adalah tiga orang asal London, Jeff di sebelah kiriku dan dua.

MORE
ApaYang Dilakukan Franco Padaku

Stuart Christie Foto di atas diambil tanggal 6 Januari 1967, di gedung bundar penjara Carabanchel di Madrid. Aku di sebelah kiri dengan jumper sulaman putih. Bersamaku adalah tiga orang asal London, Jeff di sebelah kiriku dan dua.

MORE
Di Zimbabwe, Namanya Masih Mugabe

Liston P. Siregar Lahir, besar, dan mendapat pendidikan guru Kutama Mission di Zvimba, Barat Laut Zimbabwe, Robert Gabriel Mugabe pada usia 17 tahun sudah mengajar di sekolah misionaris pada tahun 1941 sampai 1943. Sebagai guru, Mugabe mengajar.

MORE
Tanah Sejengkal Adalah Hidup

Yayak KencritDari seorang romo Jesuit yang pernah sibuk mendampingi orang-orang sial di tempat penampungan sampah di daerah Cilincing, Jakarta, aku dapat kabar ; “Pemulung sampah yang mencoba mempertahankan tanah bekas gunungan sampah sudah ada korban sekitar 10-an.

MORE
Tanah Sejengkal Adalah Hidup

Yayak Kencrit Dari seorang romo Jesuit yang pernah sibuk mendampingi orang-orang sial di tempat penampungan sampah di daerah Cilincing, Jakarta, aku dapat kabar ; “Pemulung sampah yang mencoba mempertahankan tanah bekas gunungan sampah sudah ada korban sekitar.

MORE
Bekas Raja Afghanistan Yang Terlambat

Liston SiregarDi sebelah utara Roma, di sebuah vila berkamar empat, seorang pria berusia 86 tahun menanti, dan mengharap, arah perkembangan ancaman George Bush untuk menyerang Afghanistan. Dia berharap, sebelum akhir hayatnya, akan ada satu peluang untuk kembali.

MORE
Air Wangi Gunung Kapur

Yayak Kencrit Diajak aku suatu hari, tahun 1987, oleh Syeh Cempe Lawuwarta, seorang seniman jalanan, bekas anak buah Bengkel Teater, untuk menengok gurunya yang juga lagi ketitipan seorang kawan yang tergegar jiwanya akibat tekanan selama aktivitas kerja.

MORE
Comandante Gusmao 2

Mohamad SusiloDili adalah kota dagang. Tak seperti desa kelahiran saya, Dili panas, berdebu, dan penuh dengan babi yang berkeliaran di sana sini. Ketika kali pertama tiba di kota ini, saya tiba di sebuah gubuk kayu kecil. Gubuk.

MORE
Comandante Gusmao 2

Mohamad Susilo Dili adalah kota dagang. Tak seperti desa kelahiran saya, Dili panas, berdebu, dan penuh dengan babi yang berkeliaran di sana sini. Ketika kali pertama tiba di kota ini, saya tiba di sebuah gubuk kayu kecil..

MORE
Comandante Gusmao 1

Mohamad SusiloSejarah selalu bersisi dua. Ketika Indonesia masih berkuasa di Timor Timur, Xanana Gusmao dicap sebagai tokoh pemberontak, tokoh pengacau keamanan, bahkan sempat dipenjara sebagai kriminal –dan bersama-sama kriminal Indonesia– di LP Cipinang. Pendulum nasib berubah ketika.

MORE
Comandante Gusmao 1

Mohamad Susilo Sejarah selalu bersisi dua. Ketika Indonesia masih berkuasa di Timor Timur, Xanana Gusmao dicap sebagai tokoh pemberontak, tokoh pengacau keamanan, bahkan sempat dipenjara sebagai kriminal –dan bersama-sama kriminal Indonesia– di LP Cipinang. Pendulum nasib berubah.

MORE
Rudi Singgih dan Indonesia

Liston P. Siregar Rudi Singgih mungkin sama sekali tidak berarti apa-apa, apalagi ketika banyak orang Indonesia sedang bingung apakah politisi Jakarta akan mengganti Presiden atau tidak. Nama Rudi Singgih hanya pernah tercantum di masthead Majalah Tempo –dulu.

MORE
Rudi Singgih dan Indonesia

Liston P. Siregar Rudi Singgih mungkin sama sekali tidak berarti apa-apa, apalagi ketika banyak orang Indonesia sedang bingung apakah politisi Jakarta akan mengganti Presiden atau tidak. Nama Rudi Singgih hanya pernah tercantum di masthead Majalah Tempo –dulu.

MORE
Tikus dan Kijang

Ahmad Taufik Cerita penangkapan dilaporkan lewat ; “Kijang sudah di tangan,” lapor Sang Kapten. Toyota Kijang itu dipacu kencang-kencang menuju kantor polisi. Sampai di sana, seseorang yang berpakaian preman, bermuka sedikit kumal, berusaha memukulku. ”Oh, ini yang.

MORE
Tikus dan Kijang

Ahmad Taufik Pukul tiga dini hari baru saja lewat, ketika Aku sampai di rumah kontrakkanku. Aku baru saja lolos dari sebuah pengalaman pahit di sebuah hotel bertaraf internasional dan sebuah kantor polisi. Tapi aku masih belum bisa.

MORE
Tikus dan Kijang

Ahmad Taufik Pukul tiga dini hari baru saja lewat, ketika Aku sampai di rumah kontrakkanku. Aku baru saja lolos dari sebuah pengalaman pahit di sebuah hotel bertaraf internasional dan sebuah kantor polisi. Tapi aku masih belum bisa.

MORE